Karachi - Pemerintah Pakistan berencana mematikan layanan email dan BlackBerry Messenger (BBM). Keputusan yang akan berlaku menjelang akhir tahun ini dibuat atas alasan keamanan nasional.

Alasan yang cukup mengejutkan, mengingat BlackBerry sangat dikenal soal keamanan layanannya. Rupanya justru ketatnya enkripsi data pada BBM dan email di layanan BlackBerry yang menakutkan bagi pemerintah setempat.

Seperti dilansir Reuters, Senin (27/7/2015), enkripsi data emaio dan BBM di antara pengguna dengan jaringan publik, memang memastikan keamanan privasi si pengguna. Masalahnya, ini akan menyulitkan bagi polisi dan agen intelijen jika memerlukan data dalam kasus penyelidikan.

"Pakistan Telecommunications Authority sudah memerintahkan kepada operator mobile lokal agar menutup BlackBerry Enterprise Services karena alasan keamanan," ujar juru bicara Pakistan Telecommunications Authority.

Juru bicara tersebut menolak disebutkan identitasnya mengingat isu ini sangat sensitif dan berkaitan dengan aktivitas intelijen. Sementara itu, BlackBerry belum memberikan komentar apapun.

Pakistan saat ini sedang diresahkan oleh bernagai gerakan militan, kelompok kriminal dan pengedar obat-obatan terlarang. Segala bentuk komunikasi tak luput dari pengawasan, termasuk BBM.

Pemerintah setempat ingin agar mereka bisa mengakses data apabila diperlukan. BlackBerry mengalami hal serupa di India, Uni Emirat Arab, Arab Saudi termasuk Indonesia, di mana negara-negara ini meminta BlackBerry untuk membuka akses data.

Sumber lain yang dirilis pengawas privasi internasional yang berpusat di Inggris menyebutkan, apa yang dilakukan pemerintah Pakistan melalui agen intelijen militer Inter-Services Intelligence (ISI) adalah sebuah bentuk campur tangan komunikasi yang sudah cukup jauh.

"Pakistan telah menyalahgunakan wewenang mereka dalam pengawasan konunikasi, termasuk mengintai oposisi politik dan hakim pengadilan tinggi. Pengawasan dan sensor internet juga menyasar jurnalis, pengacara dan para aktivis," sebut mereka.

(rns/ash)

0 comments:

Post a Comment

 
Tekno © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top